Analisis Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Return Saham

Skripsi EkonomiAnalisis Pengaruh Leverage, Debt To Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA), Price Book Value (PBV) Dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Return Saham  (Studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2005-2007)

gedung_bei Analisis Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Return Saham Analisis Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Return Saham gedung bei

Latar Belakang Skripsi 

Tujuan utama investor melakukan investasi adalah untuk memperoleh return  yang maksimal. Return merupakan salah satu indikator kinerja perusahaan. Semakin efisien perusahaan dalam menggunakan aktivanya maka  return  yang diperoleh akan semakin tinggi. Bagi para investor,  return merupakan salah satu parameter untuk menilai seberapa besar keuntungan suatu saham. Investor yang akan berinvestasi di pasar modal akan terlebih dahulu melihat saham yang paling menguntungkan, dengan menilai kinerja perusahaan yang bersangkutan serta kemakmuran pemegang saham perusahaan tersebut. Oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi  return  saham, sehingga harapan untuk memperoleh  return  yang maksimal dapat tercapai. Tujuan perusahaan hanya untuk menghasilkan laba yang sebesar-besarnya sudah kurang relevan lagi di masa sekarang karena tanggung jawab perusahaan tidtesisak hanya kepada pemilik saja.

Tanggung jawab kepada seluruh  stakeholder menjadi sangat penting sehingga hal ini menuntut perusahaan untuk  menimbang semua strategi yang diambil dan dampaknya kepada stakeholder tersebut.  Pendekatan fundamental merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk menilai perusahaan. Jika kinerja perusahaan bagus, maka harga saham akan meningkat sehingga berpotensi memberikan  return  saham. Menurut Jogiyanto (2000:88), salah satu analisis yang banyak digunakan untuk menentukan nilai sebenarnya dari saham adalah analisis sekuritas fundamental (Fundamental security analysis) atau analisis perusahaan (Company analysis). Faktor fundamental perusahaan memegang peranan penting dalam proses pengambilan keputusan. Dalam analisis fundamental menggunakan data fundamental perusahaan yaitu data yang berasal dari keuangan perusahaan. Data keuangan perusahaan terdapat dalam laporan perusahaan yang dapat diukur melalui rasio keuangan.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan yang telah diuraikan diatas, maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut:

  1. Apakah Leverage, Debt to Equity Ratio  (DER), Return On Asset  (ROA), Price to Book Value (PBV) dan  Price Earning Ratio (PER) secara simultan mempunyai pengaruh terhadap  return saham di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia?
  2. Apakah Leverage, Debt to Equity Ratio  (DER), Return On Asset  (ROA), Price to Book Value (PBV) dan Price Earning Ratio (PER) secara parsial mempunyai pengaruh terhadap  return saham di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia?
  3. Apakah terdapat perbedaan  return saham antara kategori  basic industry, miscelaneous industry dan  consumer good industry di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia?

 Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian yang telah dilakukan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1.  Hasil dari analisis uji F menunjukkan bahwa variabel independen Debt to Equity Ratio (DER), Return On Asset  (ROA), Price to Book Value (PBV) dan  Price Earning Ratio (PER)  secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hasil dari uji koefisien determinasi (R2), sebesar 5,4% return saham dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu Debt to Equity Ratio (DER), Return On Asset  (ROA), Price to Book Value (PBV) dan  Price Earning Ratio (PER). Sedangkan sisanya sebesar 94,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
  2. Dari hasil uji multikolonieritas bahwa variabel  leverage  dihapus karena variabel  leverage  terjadi multikolonieritas.
  3. Hasil dari analisis uji t yaitu pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial adalah sebagai berikut:
  • PBV dan PER    tidak berpengaruh signifikan terhadap  return saham, sehingga kenaikan atau penurunan PBV dan PER  tidak berpengaruh terhadap return saham.
  • DER dan ROA berpengaruh positif signifikan terhadap  return saham, sehingga kenaikan DER dan ROA akan menaikkan return saham.
  •  Hasil dari ANOVA yaitu menunjukkan tidak terdapat perbedaan return saham diantara  basic industry, miscelaneous industry dan  consumer good industry.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *