Analisis Faktor-Faktor Sektor Industri Pengolahan

Skripsi Ekonomi~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sektor Industri Pengolahan Di Kabupaten Sukoharjo

industri Analisis Faktor-Faktor Sektor Industri Pengolahan Analisis Faktor-Faktor Sektor Industri Pengolahan industri

Latar Belakang Skripsi 

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan salah satu ukuran statistic yang menjadi indicator penting dalam mengukur tingkat perkembangan perekonomian di suatu daerah. PDRB sebenarnya merupakan nilai tambah yang dihasilkan oleh sektor-sektor ekonomi di suatu daerah pada kurun waktu tertentu.

Dengan melihat nilai PDRB ibi maka akan banyak didtesisapatkan berbagai informasi mengenai perkembangan ekonomi sektoral baik dalam hal volume produksi maupun harga (BPS Sukoharjo 2008). Kabupaten Sukoharjo yang mempunyai sumbangan cukup berarti dalam beberapa sektor ekonomi pada tingkat nasional cukup menarik untuk diikuti perkembangan perekonomiannya.  Beberapa perkembangan sektor ekonomi seperti misalnya sektor industi dan pertanian di Kabupaten Sukoharjo merupakan isu ekonomi yang cukup menarik beberapa kalangan ekonomi (BPS Sukoharjo 2008).

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dapat dirumuskan berbagai permasalahan sebagai berikut :

1. Bagaimana pengaruh  Investasi, Inflasi dan Jumlah Unit Industri  terhadap PDRB sektor industri pengolahan di Kabupaten Sukoharjo?

2. Bagaimana pengaruh perkembangan PDRB sektor industri pengolahan terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sukoharjo?

Tujuan Penelitian 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel investasi, inflasi dan jumlah unit usaha terhadap PDRB sektor industri pengolahan serta pengaruh PDRB terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sukoharjo Data yang  digunakan adalah data  time series tahun 1994-2008 yang bersumber dari Kantor Statistik Kabupaten Sukoharjo, Bappeda, Disperindag Kabupaten Sukoharjo dan ditunjang oleh studi pustaka.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan pada bab-bab sebelumnya mengenai analisis faktor-faktor yang mempengaruhi sektor industri pengolahan di Kabupaten Sukoharjo, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :

  • Kesimpulan Hipotesis I :
  1. Variabel investasi secara signifikan dan positif berpengaruh terhadap pertumbuhan PDRB sektor industri pengolahan pada tingkat signifikansi 5 persen,  hal ini menunjukan bahwa variabel  invests berpengaruh secara nyata terhadap pertumbuhan PDRB sektor industri pengolahan.
  2. Variabel inflasi menunjukan nilai probabilitas yang tidak signifikan pada tingkat signifikansi 5 persen, hal ini menunjukan bahwa variabel inflasi tidak berpengaruh secara nyata terhadap pertumbuhan PDRB sektor industri pengolahan. c.  Variabel jumlah unit usaha secara signifikan dan positif berpengaruh terhadap pertumbuhan PDRB sektor industri pengolahan pada tingkat signifikansi 5 persen, ini ditunjukan oleh nilai koefisien sebesar 0,0000309 dan nilai probabilitas sebesar 0,0350 yang signifikan pada tingkat keyakinan 5 persen. Hal ini menunjukan bahwa variabel jumlah unit usaha berpengaruh secara nyata terhadap pertumbuhan PDRB sektor industri pengolahan.
  3. Secara bersama-sama variabel investasi, inflasi dan jumlah unit usaha berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pertumbuhan PDRB sektor industri pengolahan, ini ditunjukan oleh nilai uji F sebesar 44.96617 dan nilai probabilitasnya sebesar 0,000002 yang signifikan pada tingkat keyakinan sebesar 5 persen.

 

  • Kesimpulan Hipotesis II:

Variabel PDRB sektor industri pengolahan secara positif dan signifikan  berpengaruh  terhadap penyerapan tenaga kerja, ini ditunjukan oleh koefisien hasil uji t sebesar 0.466815 dan nilai probabilitas sebesar 0,0019 yang signifikan pada tingkat keyakinan sebesar 5 persen. Hal ini menunjukan bahwa dari pertumbuhan PDRB sektor industri pengolahan akan menyebabkan penyerapan tenaga kerja di sektor tersebut.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *