Analisis Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Karanganyar Tahun 1996-2010

akun Analisis  Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi Analisis  Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi akun

Latar Belakang Skripsi 

Dalam teori ekonomi makro, dari sisi pengeluaran, pendapatan regional bruto  adalah penjumlahan dari berbagai variabel termasuk di dalamnya adalah investasi. Ada beberapa hal yang sebenarnya berpengaruh dalam soal investasi ini. Investasi sendiri dipengaruhi oleh investasi asing dan domestik. Investasi yang terjadi di daerah  terdiri dari investasi pemerintah dan investasi swasta dapat berasal dari investasi  pemerintah dan investasi swasta. Investasi dari sektor  swasta dapat berasal dari dalam negeri maupun luar negeri (asing). Investasi pemerintah dilakukan guna menyediakan barang publik. Besarnya investasi pemerintah dapat dihitung dari selisih antara total anggaran pemerintah dengan belanja rutinnya.

Selain investasi, maka tenaga kerja merupakan  suatu faktor yang mempengaruhi  output suatu daerah. Angkatan kerja yang besar akan terbentuk dari jumlah penduduk yang besar. Namun pertumbuhan penduduk dikhawatirkan akan menimbulkan efek  yang buruk terhadap pertumbuhan ekonomi. Menurut Todaro  (2000) pertumbuhan  penduduk yang cepat mendorong timbulnya masalah keterbelakangan dan membuat prospek pembangunan menjadi semakin jauh. Selanjutnya dikatakan bahwa masalah kependudukan yang timbul bukan karena banyaknya jumlah anggota keluarga, melainkan karena mereka terkonsentrasi pada daerah perkotaan saja sebagai akibat dari cepatnya laju migrasi dari desa ke kota. Namun demikian jumlah penduduk yang  cukup dengan tingkat pendidtesisikan yang tinggi dan memiliki skill akan mampu  mendorong laju pertumbuhan ekonomi. Dari jumlah penduduk usia produktif yang besar maka akan mampu meningkatkan jumlah angkatan kerja yang tersedia dan pada  akhirnya akan mampu meningkatkan produksi output di suatu daerah.

Rumusan Masalah 

Pelaksanaan otonomi daerah dengan fokus pembangunan lebih diletakkan pada daerah Kabupaten/Kota maka sangat menarik untuk mengkaji faktor-faktor  apa yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Salah satu indikator yang digunakan adalah PDRB. Oleh karena itu untuk mengkaji pertumbuhan ekonomi  Kabupaten Karanganyar  dapat diamati dari faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di  Kabupaten Karanganyar. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka pertanyaan penelitian yang dikemukakan adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana pengaruh realisasi  investasi  terhadap pertumbuhan ekonomi  di Kabupaten Karanganyar?
  2. Bagaimana pengaruh realisasi  pendapatan asli daerah  terhadap  pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Karanganyar ?
  3. Bagaimana pengaruh  tenaga  kerja  terhadap pertumbuhan ekonomi  di Kabupaten Karanganyar?
  4. Bagaimana pengaruh  pengeluaran pemerintah  terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Karanganyar?

Tujuan Penelitian 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Investasi, PAD, Tenaga kerja, dan Pengeluaran Pemerintah  terhadap PDRB di Kabupaten Karanganyar pada tahun 1996-2010.

Kesimpulan

Dari hasil analisis data yang telah dilakukan mengenai  analisis faktor-faktor yang mempengaruhi  pertumbuhan ekonomi Kabupaten Karanganyar pada periode 1996–2010, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

  1. Pengujian secara bersama-sama terhadap variabel independen yaitu investasi, pendapatan asli daerah, tenaga kerja, pengeluaran pemerintah berpengaruh secara signifikan  terhadap  pertumbuhan ekonomi. Jadi hipotesis pengujian secara bersama-sama investasi, pendapatan asli daerah, tenaga kerja, pengeluaran pemerintah  berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi terbukti.
  2. Variabel  investasi berpengaruh secara signifikan positif terhadap variabel dependen  pertumbuhan ekonomi. Jadi hipotesis  pertama, yaitu  investasi berpengaruh signifikan positif terhadap  pertumbuhan ekonomi  periode 1996-2010 terbukti.
  3. Variabel  pendapatan asli daerah  berpengaruh secara signifikan positif terhadap variabel dependen  pertumbuhan ekonomi. Jadi hipotesis kedua, yaitu  pendapatan asli daerah  berpengaruh signifikan positif terhadap pertumbuhan ekonomi periode 1996-2010 terbukti.
  4. Variabel  tenaga kerja  berpengaruh secara signifikan  negatif  terhadap variabel dependen  pertumbuhan ekonomi. Jadi hipotesis ketiga, yaitu tenaga kerja  berpengaruh signifikan  negatif  terhadap  pertumbuhan ekonomi periode 1996-2010 terbukti.
  5. Variabel  pengeluaran pemerintah  berpengaruh secara signifikan  negatif terhadap variabel dependen pertumbuhan ekonomi. Jadi hipotesis keempat, yaitu  pengeluaran pemerintah  berpengaruh signifikan  negatif  terhadap pertumbuhan ekonomi periode 1996-2010 terbukti.
  6. Besarnya  adjusted R2  pada hasil estimasi model  pertumbuhan ekonomi adalah  sebesar  0,951878. Hal ini berarti bahwa 95 %  perubahan nilai pertumbuhan ekonomi  di Kabupaten Karanganyar  secara bersama-sama mampu dijelaskan oleh variabel independen yang digunakan dalam model, yaitu  investasi, pendapatan asli daerah, tenaga kerja, pengeluaran pemerintah. Sedangkan sisanya sebesar 5 % dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *