Analisis Faktor-Faktor Perpindahan Merek Pada Operator Selular

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Perpindahan Merek Pada Operator Selular Dari Providtesiser Lain Ke Exelcomindo (Studi Pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret)

Logo Operator seluler Indonesia Analisis Faktor-Faktor Perpindahan Merek Pada Operator Selular Analisis Faktor-Faktor Perpindahan Merek Pada Operator Selular Logo Operator seluler Indonesia

Latar Belakang 

Seperti yang terlihat di lapangan bahwa mulai tahun 2007 urusan tarif dan turunannya cukup dilematis dan menarik disimak. Persaingan tarif yang masih tetap panas di industry operator selular berlangsung hingga sekarang (Tahun 2009). Dan hal inilah yang mungkin menyebabkan konsumen untuk melakukan brand switching (perpindahan merek) hanya demi untuk menghemat pengeluaran mereka ataupun untuk mendapatkan kualitas layanan dan kemudahan yang lebih baik.

Konsumen akan membeli produk karena alasan-alasan tertentu, atau paling tidak adanya keyakinan bahwa kemampuan produk dalam memenuhi kebutuhan mempunyai nilai yanglebih besar dibanding biaya yang akan dikeluarkan. Variasi produk yang bermacam ditambah aktivitas promosi yang sangat persuasif dan harga sim card (kartu telepon) untuk telepon selular yang harganya murah dengan bonus yang tinggi, tentu akan mendorong munculnya perilaku perpindahan merek di kalangan konsumen. Bermacam stimulan yang disodorkan di pasar bukan saja mempengaruhi perilaku perpindahan mereka tetapi juga mendorong perilaku mencoba produk baru bagi yang belum pernah mencobanya. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada sekelompok segmen yang sampai saat ini belum termotivasi untuk mencoba sim card (kartu telepon) merek Exelcomindo.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis merumuskan yang menjadi pokok permasalahan sebagai berikut:

  1. Apakah atribut produk  mempengaruhi  niat  konsumen untuk ingin berpindah merek ke produk Exelcomindo?
  2. Apakah harga  mempengaruhi  niat  konsumen untuk ingin berpindah merek ke produk Exelcomindo?
  3. Apakah promosi mempengaruhi niat konsumen untuk ingin berpindah merek ke produk Exelcomindo?
  4. Apakah persediaan produk mempengaruhi niat konsumen untuk ingin berpindah merek ke produk Exelcomindo?
  5. Apakah tingkat kegagalan service menyebabkan seseorang berniat untuk ingin berpindah merek ke produk Exelcomindo?

Tujuan Penelitian 

Secara umum tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen untuk berpindah merk pada produk tertentu.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang telah diteliti, dianalisis dan dibahas mengenai analisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat  perpindahan merek pada operator seluler dari provider lain menuju ke Exelcomindo dapat ditarik

kesimpulan:

  1. Faktor atribut produk mempengaruhi niat konsumen dalam perpindahan merek dari provider lain menuju ke Exelcomindo
  2. Faktor Harga mempengaruhi niat konsumen dalam perpindahan merek dari provider lain menuju ke Exelcomindo.
  3. Faktor promosi tidak mempengaruhi niat konsumen dalam perpindahan merek dari provider lain menuju ke Exelcomindo.
  4. Faktor persediaan produk mempengaruhi niat konsumen dalam perpindahan merek dari provider lain menuju ke Exelcomindo.
  5. Faktor Kegagalan Service tidak mempengaruhi niat konsumen dalam perpindahan merek dari provider lain menuju ke Exelcomindo.
  6. Faktor rekomendasi tidak mempengaruhi niat konsumen dalam perpindahan merek dari provider lain menuju ke Exelcomindo.
  7. Faktor atribut produk, harga, promosi, persediaan produk, kegagalan service, dan rekomendasi secara bersama-sama mempengaruhi niat konsumen dalam perpindahan merek dari provider lain menuju ke Exelcomindo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *