Analisis Faktor-Faktor Keuntungan Pengusaha Gula Kelapa

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Pengusaha Gula Kelapa (Studi Kasus di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah)

gula kelapa Analisis Faktor-Faktor Keuntungan Pengusaha Gula Kelapa Analisis Faktor-Faktor Keuntungan Pengusaha Gula Kelapa gula kelapa

Latar Belakang Skripsi 

Secara umum UMKM adalah suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang melakukan usaha untuk menghasikan laba, antara lain  di bidtesisang perdagangan seperti  :  toko, kedai, kios, warung  dan di bidang industri kecil/industri rumah tangga  (IKRT)  seperti : usaha kerajinan, usaha pengolahan/produksi makanan dan minuman maupun usaha jasa seperti penjahit pakaian, pertukangan dan sebagainya.

UMKM mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, dan  penyumbang lapangan pekerjaan terbesar dalam commit to user  Secara umum UMKM adalah suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang melakukan usaha untuk menghasikan laba, antara lain  di bidang perdagangan seperti  :  toko, kedai, kios, warung  dan di bidang industri kecil/industri rumah tangga  (IKRT)  seperti : usaha kerajinan, usaha pengolahan/produksi makanan dan minuman maupun usaha jasa seperti penjahit pakaian, pertukangan dan sebagainya. UMKM mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, dan  penyumbang lapangan pekerjaan terbesar dalam

Rumusan Masalah

Untuk memberikan pedoman yang jelas dalam arah penelitian dari latar belakang yang diuraikan maka beberapa masalah yang akan diteliti adalah sebagai berikut :

1.  Bagaimanakah pengaruh variabel tenaga kerja, pengalaman, modal kerja, serta  jumlah pohon kelapa  terhadap keuntungan pengusaha industri pembuatan gula kelapa di wilayah Kecamatan Kebasen  Kabupaten Banyumas?

2.  Variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap keuntungan pengusaha industri pembuatan gula kelapa di Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh jumlah tenaga kerja, pengalaman, modal dan jumlah pohon terhadap keuntungan pengusaha gula kelapa di Kecamatan Kebasen Kabupeten Banyumas.

Kesimpulan

Hasil  penelitian tentang analisis  faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan pengusaha gula kelapa dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

1.  Hasil penelitian mengenai pengaruh variabel tenaga kerja, pengalaman, modal dan jumlah pohon terhadap keuntungan pengusaha gula kelapa menunjukan bahwa:

a.  Variabel  tenaga kerja tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dan berpengaruh positif terhadap  keuntungan yang diperoleh  pengusaha gula kelapa di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas.

b.  Variabel  pengalaman berpengaruh negatif terhadap  keuntungan yang diperoleh  pengusaha gula kelapa di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas.

c.  Variabel  modal    mempunyai pengaruh yang  signifikan  dan berpengaruh positif terhadap  keuntungan yang diperoleh  pengusaha gula kelapa di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas.

d.  Variabel  jumlah pohon  mempunyai pengaruh yang  signifikan  dan berpengaruh positif  terhadap  keuntungan yang diperoleh  pengusaha gula kelapa di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas.

e.  Secara bersama-sama keempat variabel tenaga kerja, pengalaman usaha, modal, dan bahan baku dengan tingkat signifikansi 5% dalam  penelitian ini berpengaruh secara signifikan terhadap keuntungan usaha pembuatan gula kelapa di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas.

2.  Variabel jumlah pohon mempunyai pengaruh paling besar  terhadap keuntungan yang diperoleh pengusaha gula kelapa di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas.

3.  Penelitian  mengenai  analisis  faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan pengusaha gula kelapa  masih mengandung masalah autokolerasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *