Analisis Daya Dukung Lahan Pertanian Dan Tekanan Penduduk

Skripsi Ekonomi~ Analisis Daya Dukung Lahan Pertanian Dan Tekanan Penduduk  (Studi Kasus Kabupaten Propinsi Jawa Timur Tahun 2003)

pertanian Analisis Daya Dukung Lahan Pertanian Dan Tekanan Penduduk Analisis Daya Dukung Lahan Pertanian Dan Tekanan Penduduk pertanian

Latar Belakang Skripsi 

Sumberdaya tanah merupakan sumberdaya alam yang penting untuk kelangsungan hidtesisup manusia karena sumberdaya tanah merupakan masukan yang diperlukan untuk setiap aktifitas manusia seperti pertanian, industri, pemukiman dan jalan-jalan. Penggunaan tanah yang luas adalah untuk sector pertanian yang  meliputi penggunaan untuk pertanian tanaman pangan, pertanian yang keras, untuk kehutanan maupun untuk ladang pengembalaan dan perikanan.

Tetapi untuk daerah kota khususnya, penggunaan tanah yang utama adalah untuk pemukiman dan industri dan perdagangan. Penggunaan tanah untuk rekreasi juga menempati urutan yang tinggi karena meliputi pantai, pagunungan dan danau. Pendek kata tanah merupakan sumberdaya serbaguna , tanah berguna untuk memenuhi kebutuhan kebendaan, kesehatan dan kejiwaan bahkan tanah penting untuk memelihara sumberdaya lain yaitu vegetasi dan air (Mugi Rahardjo: 1997: 8).

Rumusan Masalah

Memperhatikan kondisi dan perkembangan serta masalah yang dihadapi di propinsi Jawa Timur maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana keadaan daya dukung lahan pertanian Kabupaten di Propinsi Jawa Timur 2003 ?
  2. Bagaimana tekanan penduduk atas lahan pertanian yang dialami Kabupaten di Propinsi Jawa Timur 2003 ?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan : a) Untuk Mengetahui daya dukung  lahan pertanian pada masing-masing kabupaten di Propinsi Jawa Timur tahun 2003. b) Untuk mengetahui tekanan penduduk atas lahan pertanian semua kabupaten/kota di Propinsi Jawa Timur 2003.

Kesimpulan

Kesimpulan dalam penelitian ini meliputi diskripsi dari variabel-variabel yang diteliti dan hasil estimasi dari analisis data.

  1. Diskripsi variabel yang diteliti
  2. Untuk menghitung Tekanan penduduk variabel-variabelnya adalah :

–  Persentase petani terhadap penduduk

Wilayah Jawa Timur sebagian besar merupakan lahan pertanian, sehingga mata pencaharian sebagian penduduk Jawa Timur di sektor pertanian. Berdasarkan tabel 4.8 terlihat bahwa mata pencaharian penduduk Jawa Timur terbanyak bekerja di sektor pertanian yaitu sebesar 49,06%. –  Jumlah total penduduk tahun 2003 (P0) Berdasarkan tabel 4.6 penduduk Jawa Timur berjumlah total 36 199.000 jiwa pada tahun 2003. perhitungannya dengan menjumlahkan seluruh penduduk yang tinggal di Jawa Timur sampai akhir tahun 2003.

–   Pertumbuhan penduduk di Jawa Timur (r) Perhitungan laju pertumbuhan penduduk didasarkan pada angka rata-rata selama periode tertentu, seperti yang telah dihitung menunjuikkan bahwa laju pertumbuhan penduduk di Jawa Timur sebesar 1.47 % .

–  Luas lahan produktif (L)

Sebagian wilayah Jawa Timur masih berupa area kehutanan (tabel 4.9), sementara itu lahan sawah sebesar 25%. Luas lahan produktif merupakan lahan yang masih menghasilkan panen, dimanan luas lahan produktif ini dihitung dari penjumlahan luas lahan sawah, luas lahan tegalan dan luas lahan pekarangan.

–  Nilai Z  adalah luas lahan untuk hidup layak / ha/ orang, dimana secara keseluruhan luasnya sebesar 0,37 (untuk kriteria beras) dan 0,78 (untuk kriteria UMK)

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *