Analisis Dampak Kewajiban NPWB Bagi Pensiunan Terhadap Pph

Skripsi Ekonomi~ Analisis Dampak Kewajiban NPWB Bagi Pensiunan Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan  Di Wilayah Surakarta

pensiunan Analisis Dampak Kewajiban NPWB Bagi Pensiunan Terhadap Pph Analisis Dampak Kewajiban NPWB Bagi Pensiunan Terhadap Pph pensiunan

Latar Belakang Skripsi 

Besarnya penerimaan pajak membuat pemerintah terus menggali potensi dari penerimaan ini, khususnya pada Pajak Penghasilan (PPh). Hal ini dilakukan dengan cara memperluas subyek dan obyak pajak yang dapat dijaring, meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya bagi yang telah memenuhi syarat menjadi Wajib Pajak (WP)  dalam memenuhi kewajiban pajaknya, dan meningkatkan kepatuhan bagi WP tersebut.

Setiap WP akan diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).NPWP ini berfungsi sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang digunakan sebagai tanda pengenal diri atau idtesisentitas WP dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Rumusan Masalah

Penulis merumuskan permasalahan yang dikemukakan dalam tugas akhir ini ke dalam pertanyaan sebagai berikut:

  1. Bagaimanakah dampak bertambahnya WP Pensiunan terhadap penerimaan PPh di wilayah Surakarta?
  2. Apakah kelebihan dan kelemahan diharuskannya pensiunan untuk memiliki NPWP?

Tujuan Penelitian 

Kegiatan penelitian ini dilakukan ingin mengetahui bagaimanakah dampak bertambahnya WP Pensiunan terhadap penerimaan PPh di wilayah Surakarta, kelebihan dan kelemahan diharuskannya pensiunan untuk memiliki NPWP.

Kesimpulan

Berdasarkan tinjauan pustaka dan pembahasan yang telah dikemukakan oleh penulis dalam bab sebelumnya, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa:

  1. WP OP baru yang mendaftarkan pada KPP Pratama Surakarta paling banyak terjadi pada bulan Desember 2009 yaitu sebesar 4.455 pendaftar.
  2. WP pensiunan baru yang melaporkan diri pada PT Taspen paling banyak pada bulan Januari 2010 yaitu sebesar 1.336 pelapor.
  3. Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi pada KPP Pratama Surakarta paling tinggi jumlahnya pada bulan Desember sesuai dengan jumlah pendaftar WP OP yang baru mendaftar yaitu  sebesar Rp876.636.454,00.
  4. Diwajibkannya pensiunan untuk memiliki NPWP tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan Pajak Penghasilan khususnya di wilayah Surakarta.
Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *