Analisis Brand Loyalty Terhadap Kartu Simpati

Skripsi Ekonomi~ Analisis Brand Loyalty Terhadap Kartu Simpati (Studi Pada Pengunjung di grapari Telkomsel Solo)

telkomsel Analisis Brand Loyalty Terhadap Kartu Simpati Analisis Brand Loyalty Terhadap Kartu Simpati telkomsel

Latar Belakang Skripsi 

Dalam berbisnis, faktor keuntungan adalah tujuan utama. Namun seiring perkembangan zaman, hanya mengejar keuntungan semata bukan lagi tipe berbisnis yang baik. Dari itulah pentingnya pemberian sebuah merek, tidtesisak hanya sebagai identitas atau pembeda produk. Tetapi dengan adanya merek, perusahaan dapat mengukur kesetiaan pelanggannya terhadap mereknya. Hal terpenting yang harus dilakukan perusahaan adalah tetap mengikat pelanggan yang lama dan menarik pelanggan yang baru. Hal tersebut dapat dicapai dengan cara tetap mempertahankan loyalitas baik pelanggan yang lama maupun pelanggan yang baru saja bergabung.

Keberhasilan suatu merek untuk jangka panjang tidak didasarkan pada banyaknya konsumen yang melakukan pembelian sekali saja terhadap merek itu. Sebaliknya, merek dapat dikatakan berhasil bila memiliki konsumen yang setia, yang membeli atau menggunakan secara berulang. Loyalitas atau kesetiaan menunjukkan probabilitas seorang konsumen untuk membeli atau memakai produk atau merek secara berulang dalam periode waktu tertentu. (Istijanto, 2005:172)

Rumusan Masalah 

1. Bagaimana tingkat loyalitas pengunjung graPARI terhadap kartu SimPATI?

2. Apakah tingkatan loyalitas tersebut membentuk piramida yang menunjukkan “brand loyalty lemah” atau piramida terbalik yang menunjukkan “brand loyalty kuat” ?

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat loyalitas pengunjung graPARI terhadap kartu simPATI. Dan juga untuk mengetahui apakah  brand loyalty terhadap kartu simpati tersebut menunjukkan loyalitas yang kuat ataukah lemah. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif dimanamerupakan jenis riset yang tujuan utamanya adalah menggambarkan sesuatu. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung graPARI Telkomsel Solo.

Kesimpulan 

Hasil analisis yang di olah, dengan membagikan angket kepada 100 pengunjung graPARI yang menggunakan kartu simPATI maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

1. Berdasarkan analisis kerakteristik responden, dari 100 responden menyatakan pengguna kartu simPATI lebih banyak laki-laki yaitu sebanyak 61% dengan rata-rata pemakai  berusia antara 21-26 tahun sebanyak 40% dan berpenghasilan antara Rp 500.000,00 – Rp 1.000.000,00 sebanyak 31%.

2. Sebanyak 5% dari 100 responden pengguna kartu simPATI bersifat  switcher atau berpindah ke merek kartu selular lain karena fakor tarif telepon atau sms.

3. Sebanyak 60% responden menyatakan bahwa menggunakan kartu simPATI dipengaruhi karena faktor kebiasaan. Pada umumnya mereka telah menemukan kepuasan tersendiri dan malas untuk bergonta-ganti kartu.

4. Sebanyak 65% responden menyatakan puas menggunakan kartu simPATI. Selain dari faktor tarif telepon atau sms yang murah, sinyal simPATI juga jarang mengalami gangguan sampai dengan kepelosok desa.

5. Sebanyak 72% pemakai menyatakan setuju bahwakartu simPATI lebih unggul dibandingkan merek kartu selular yang lain.

6. Pada tingkatan  committed buyer sebanyak 30% responden menyatakan sering dan selalu menyarankan ke orang lain untuk menggunakan kartu simPATI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *