Analisis Brand Loyalty Pelanggan Jasa Pos Express

Skripsi Ekonomi~ Analisis Brand Loyalty Pelanggan Jasa Pos Express Pada PT. Pos Indonesia Cabang Sukoharjo

posindo1 Analisis Brand Loyalty Pelanggan Jasa Pos Express Analisis Brand Loyalty Pelanggan Jasa Pos Express posindo11

Latar Belakang Skripsi

PT. POS INDONESIA yang merupakan satu-satunya badan usaha milik negara yang bergerak pada bidtesisang jasa pengiriman.PT. POS INDONESIA mempunyai berbagai produk jasa pengiriman salah satunya adalah jasa POS EXPRESS. POS EXPRESS merupakan layanan terkini jasa pengiriman berupa dokumen penting, surat, barang berharga yang melayani konsumen lebih cepat, lebih tepat waktu, lebih aman dan terjamin.

Perilaku loyalitas konsumen terhadap produk jasa PT. POS mungkin berbeda dengan produk jasa pengiriman pada perusahaan lain. Sehubung dengan loyalitas akan merek atau produk sangat penting terhadap kelangsungan hidup perusahaan, maka manajemen  PT. POS INDONESIA sadar bahwa mempertahankan pelanggan yang lama jauh lebih murah biayanya daripada menciptakan pelanggan yang baru.

Rumusan Masalah

Bagaimana tingkat loyalitas pelanggan jasa POS EXPRESS pada PT. POS INDONESIA di Sukoharjo?

Tujuan Penelitian 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh tingkat loyalitas konsumen terhadap jasa POS EXPRESS padaPT. POS INDONESIA Cabang Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan di PT. POS INDONESIA Cabang Sukoharjo yang berlokasi di Jl. WandyoPranoto No.12 Sukoharjo. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 50 responden.

Kesimpulan 

Hasil analisis yang diolah, dengan membagikan angket kepada 50 pelanggan jasa POS EXPRESS pada PT. POS INDONESIA Cabang Sukoharjo maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

1. Berdasarkan analisis karakteristik responden, dari 50 responden menyatakan pengguna jasa POS EXPRESS INDONESIA lebih banyak laki-laki yaitu sebanyak 64% dengan rata-rata pemakai antara usia 21-26 tahun sebanyak 54% dan berpenghasilan antara Rp 500.000,00–Rp 1000.000,00 sebanyak 34%.

2. Pelanggan jasa POS EXPRESS pada PT. POS INDONESIA Cabang Sukoharjo yang tergolong  switcher  cukup sedikit yaitu 10% dari 50 responden yang diteliti.

3. Sebanyak 44% dari 50 responden yang termasuk kelompok habitual buyer menyatakan bahwa menggunakan jasa POS EXPRESS INDONESIA karena faktor kebiasaan.

4. Pelanggan jasa POS EXPRESS pada PT. POS INDONESIA Cabang Sukoharjo yang tergolong  satisfied buyer  sebanyak 68% dari 50 responden yang diteliti. Kondisi ini cukup bagus , karena rata-rata pengguna merasa puas saat mereka menggunakan jasa POS EXPRESS INDONESIA. 58

5. Pelanggan jasa POS EXPRESS pada PT. POS INDONESIA Cabang Sukoharjo yang berada pada tingkat liking the brand cukup banyak yaitu 82% dari 50 responden yang diteliti. Pelanggan benar-benar suka jasa POS EXPRESS INDONESIA

6. Pada tingkat committed buyer mangalami penurunan, yaitu sebanyak 30% atau 15 responden pelanggan jasa POS EXPRESS pada PT. POS INDONESIA Cabang Sukoharjo yang sering dan selalu menyarankan kepada orang lain untuk menggunakan jasa POS EXPRESS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *