Analisis Brand Loyalty Pelanggan Hotel Suka Marem Surakarta

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Brand Loyalty Pelanggan Hotel Suka Marem Surakarta

pelayanan hotel Analisis Brand Loyalty Pelanggan Hotel Suka Marem Surakarta Analisis Brand Loyalty Pelanggan Hotel Suka Marem Surakarta pelayanan hotel

Latar Belakang Skripsi 

Pemasar pada umumnya menginginkan pelanggannya dapat dipertahankan selamanya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan loyalitas konsumen yang tinggi atas apa yang dikonsumsinya. Loyalitas merupakan hasil akumulasi pengalaman penggunaan produk ( Durianto dkk,2004:19 ).

Loyalitas konsumen yang tinggi akan menimbulkan  Brand loyalty ( loyalitas merek ). Durianto dkk (2001:126) mengartikan  brand loyalty sebagai “ suatu  ukuran keterkaitan pelanggan terhadap suatu merek ”. Ukuran ini mampu memberikan gambaran tentang mungkin tidtesisaknya seorang pelanggan beralih ke merek yang lain. Bila loyalitas pelanggan terhadap suatu merek meningkat, kerentanan kelompok pelanggan tersebut dari ancaman pesaing pun dapat dikurangi. Dengan demikian, perolehan laba dan kelangsungan perusahaan dapat dipertahankan.  Seiring berkembangnya pariwisata di kota Solo saat ini semakin berkembang pula jasa perhotelan yang ada, sehingga meningkatkan persaingan yang terjadi dalam industri perhotelan. Salah satunya terjadi pada Hotel Suka Marem Surakarta. Persaingan yang semakin ketat ini mengharuskan Hotel Suka Marem Surakarta untuk memperhatikan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan yang tinggi selain akan menjamin kelangsungan hidup perusahaan juga diharapkan akan memancing datangnya pelanggan baru karena dampak dari word of mouth ( WOM).

 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah, maka permasalahan yang akan dikemukakan penulis adalah:

  1.  Bagaimana tingkatan  Brand Loyalty  pada pelanggan Hotel Suka Marem Surakarta?

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui seberapa jauh tingkat loyalitas konsumen selama menginap di  Hotel Suka Marem Surakarta. Penelitian ini dilakukan di Hotel Suka Marem Surakarta yang berlokasi di  Jl. Dr. Sutomo No.11 Surakarta. Sampel yang diambil yang diambil berjumlah 100 orang dan responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan Hotel suka Marem Surakarta yang pernah menginap lebih dari satu (1) kali di Hotel Suka Marem Surakarta.Teknik pengambilan sampling dlakukan dengan metode  Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner, studi pustaka, wawancara dan observasi langsung pada objek penelitian.

 Kesimpulan 

Hasil analisis yang diolah, dengan membagikan angket kepada 100 pelanggan Hotel Suka Marem Surakarta maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

  • Pelanggan Hotel Suka Marem Surakarta yang tergolong switcher  cukup sedikit yaitu 36% dari 100 responden yang diteliti.
  • Sebanyak 58%  dari  responden  yang termasuk kelompok habitual buyer  menyatakan bahwa menginap di Hotel Suka Marem Surakarta dipengaruhi karena faktor kebiasaan.
  •  Pelanggan Hotel Suka Marem Surakarta yang tergolong satisfied buyer sebanyak 88% dari 100 responden yang diteliti. Kondisi ini cukup bagus , karena rata-rata tamu merasa puas saat mereka menginap di Hotel Suka Marem Surakarta
  •  Pelanggan  Hotel Suka Marem Surakarta yang berada pada tingkat  liking the brand  cukup banyak yaitu 87%  dari 100 responden yang diteliti.
  •  Hotel Suka Marem Surakarta mempunyai pelanggan yang paling banyak pada tingkat  committed buyer, yaitu sebanyak 91% atau 91 responden pelanggan Hotel Suka Marem Surakarta. Kondisi ini sangat baik, sebab kebanyakan mereka menyarankan  pada orang lain untuk menginap di Hotel Suka Marem Surakarta.
  •  Walaupun tidak signifikan, analisis pada tingkat  liking the brand bentuk piramida mengalami penurunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *