Analisis Brand Loyalty Pada Pelanggan

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Brand Loyalty Pada Pelanggan PT Astra Internasional Tbk Daihatsu Solo Baru

astra indonesia Analisis Brand Loyalty Pada Pelanggan Analisis Brand Loyalty Pada Pelanggan astra indonesia

Latar Belakang Skripsi 

Suatu perusahaan dituntut untuk dapat menghasilkan suatu merek yang berbeda dari para pesaing lainnya. Perusahaan yang dapat mengeluarkan merek yang kuat lah, yang nantinya akan mendapatkan kesetiaan yang besar dari para konsumen. Merek yang kuat pastinya juga memiliki ekuitas uatu perusahaan dituntut untuk dapat menghasilkan suatu merek yang berbeda dari para pesaing lainnya. Perusahaan yang dapat mengeluarkan merek yang kuat lmerek ( brand equity ) yang kuat pula.

Semakin kuat ekuitas merek perusahaan otomotif, semakin kuat pula daya tarik pelanggan untuk tetap setia menggunakan produk ataupun jasa yang ditawarkan perusahaan. Hal tersebut dapat menguntungkan bagi perusahaan, karena dapat meraih keuntungan serta penjualan yang meningkat.Pada era globalisasi sekarang ini, merek menjadi aset perusahaan yang sangat bernilai. Untuk itu merek perlu dikelola, dikembangkan, diperkuat, ditingkatkan kualitasnya sehingga dapat memberikan keuntungan kompetitif

Rumusan Masalah 

  1. Bagaimana tingkat loyalitas pelanggan terhadap pembelian mobil merek Daihatsu ?

Tujuan Penelitian 

  1. Kegiatan Penelitian ini diadakan dengan tujuan yaitu ingin mengetahui seberapa besar tingkat pembelian mobil pada merek Daihatsu

Kesimpulan 

Hasil dari analisis data yang telah diolah oleh penulis dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 100 responden yang telah melakukan pembelian pada PT Astra Internasional Tbk Daihatsu Solo Baru maka dapat

ditarik kesimpulan sebagai berikut ini :

  1. Berdasarkan analisis profil responden yang pernah melakukan pembelian pada PT Astra Internasional Tbk Daihatsu Solo Baru diketahui jumlah responden berjenis kelamin laki – laki lebih mendominasi yaitu sebanyak 87% atau 87 orang dengan usia berkisar 32 – 40 tahun serta berprofesi sebagai seorang wiraswasta yang berpenghasilan lebih dari Rp 2 juta.
  2. Sebanyak 16% atau 16 orang masuk ke dalam kategori  switcher yaitu konsumen yang mudah tertarik oleh produk atau jasa dengan berbagai merek yang ditawarkan oleh  seorang sales.
  3. Sebanyak 56% atau 56 orang merupakan konsumen yang sudah terbiasa mendengar atau tidtesisak asing dengan merek Daihatsu sehingga melakukan pembelian. Oleh karena itu, konsumen tersebut masuk ke dalam kategori habitual buyer.
  4. Sebanyak 80% atau 80 orang merupakan konsumen pada tingkatan satisfied buyer yaitu konsumen yang telah merasakan puas terhadap produk merek Daihatsu.
  5. Pada tingkatan liking the brand sebanyak 79% atau 79 orang benar – benar menyukai produk dengan merek Daihatsu.
  6. Pada tingkatan  commited buyer terdapat 78% atau 78 responden yang menyatakan bangga setelah menggunakan produk merek Daihatsu dan memiliki komitmen yang kuat untuk tetap setia terhadap satu merek.
Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *