Analisis Brand Loyalty Merek Bakery Roti Kecil

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Brand Loyalty Merek Bakery Roti Kecil Di Kota Surakarta

toko roti Analisis Brand Loyalty Merek Bakery Roti Kecil Analisis Brand Loyalty Merek Bakery Roti Kecil toko roti1

 Merek suatu produk bisa dianggap sebagai aset terbesar bagi perusahaan, karena merek yang telah sukses di pasar memiliki potensi yang besar untuk mampu menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Hal ini cukup beralasan karena suatu merek mampu menimbulkan kesan yang mendalam di benak konsumen yang mampu mengubah paradigma dan pikiran konsumen sehingga merek itu mampu tertanam secara kontinyu di benak konsumen.

Merek yang prestisius memiliki ekuitas merek yang kuat  (brandequity). Semakin kuat ekuitas merek suatu produk, semakin kuat daya tariknya untuk menggiring konsumen mengkonsumsi produk tersebut yang selanjutnya akan menghantarkan perusahaan meraup keuntungan dari waktu ke waktu. Pemahaman elemen-elemen ekuitas merek dan perilaku merek serta pengukurannya sangat diperlukan untuk menyusun langkah strategis dalam meningkatkan eksistensi merek dan selanjutnya menaklukkan pasar.

Rumusan masalah

1.Apakah merek bakery Roti Kecil telah menciptakan loyalitas konsumen ?

2.Bagaimana hasil pemetaan brand loyalty pada Roti Kecil yang didtesisasarkan pada tingkatannya seperti Switcher, Habitual buyer, Satisfiedbuyer, Liking the Brand dan Committed buyer ?

Tujuan Penelitian 

Tujuan peneltian ini dilakukan adalah untuk mengetahui seberapa jauh tingkat loyalitas konsumen menggunakan merek Roti Kecil selama ini. Penelitian ini dilakukan di head office Roti Kecil jalan Ovensari, Kadilangu, Baki, Sukoharjo. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Roti Kecil yang pernah mengkonsumsi produk-produk Roti Kecil lebih dari satu (1) kali di kotamadya Surakarta. Sampel yang diambil berjumlah 100 orang dan responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen Roti Kecil yang pernah mengkonsumsi produk-produk Roti Kecil lebih dari satu (1) kali di kotamadya Surakarta khususnya di cabang Urip Sumoharjo,Veteran dan RM Said. Teknik pengambilan sampling dilakukan dengan menggunakan metode  convenience sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, penyebaran kuesioner, studi pustaka dan observasi langsung ke objek penelitian.

Kesimpulan

1.Roti Kecil mempunyai konsumen yang paling banyak pada tingkat satisfied buyer yaitu 61% atau 61 orang dari 100 orang yang mengkonsumsi. Kondisi ini cukup bagus, karena rata-rata konsumen  Roti  Kecil  menyatakan  puas  saat  mereka mengkonsumsi Roti Kecil selama ini.

2.Konsumen yang berada pada tingkat liking the brand cukup banyak yaitu 56% atau 56 orang dari 100 orang yang mengkonsumsi. Hal ini juga menunjukkan hasil yang cukup baik, hanya saja jika menuruti trend grafik piramida terdapat kecenderungan untuk semakin tinggi levelnya semakin banyak konsumennya.

3.Sekalipun menunjukkan penurunan dibandingkan dengan tingkat satisfied buyer, namun tingkat  liking the brand Roti Kecil masih menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan bahwa konsumen menyukai Roti Kecil selama ini.

4. Konsumen Roti Kecil yang tergolong  switcher cukup sedikit yaitu  23% atau 23 orang dari 100 orang yang mengkonsumsi Roti Kecil.  76Sedangkan yang termasuk pembeli kebiasaan cukup besar yaitu 47% atau 47 orang.

5. Pada tingkat  committed buyer, jumlah konsumen menurun jauh dibandingkan pada tingkat satisfied buyer dan liking the brand yaitu 26% atau 26 orang. Dapat disimpulkan bahwa konsumen Roti Kecil masih belum menunjukkan loyalitas mereka selama ini kepada Roti Kecil.

6. Konsumen Roti Kecil masih sebatas pada tahap puas dan menyukai Roti Kecil, belum sepenuhnya menunjukkan loyalitas mereka terhadap Roti Kecil yang ditandai dengan sedikitnya konsumen yang merekomendasikan maupun mempromosikan Roti Kecil kepada orang lain.

7. Roti Kecil memiliki keunggulan yang belum bisa ditandingi oleh para pesaingnya yaitu kapasitas stok produknya yang cukup banyak sehingga apabila konsumen melakukan pembelian atau pesanan dalam kondisi mendadak dapat segera terpenuhi saat hari itu juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *