Analisis Brand Awareness Pada Jasa Pengiriman Barang Pos

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Brand Awareness Pada Jasa Pengiriman Barang PT. Pos Indonesia (PERSERO) Surakarta

posindo1 Analisis Brand Awareness Pada Jasa Pengiriman Barang Pos Analisis Brand Awareness Pada Jasa Pengiriman Barang Pos posindo1

Latar Belakang Skripsi 

Untuk mengetahui kesadaran terhadap produk jasa pengiriman barang   PT. POS INDONESIA, maka  perlu dilakukan pengukuran tingkat kesadaran  merek (Brand Awareness) pada perusahaan tersebut. Brand Awareness menunjukkan kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu. (Aaker dalam Durianto, 2001:4).  Menurut Davidtesis A. Aaker untuk mengukur  Brand Awareness (kesadaran merek) melalui empat tahap yaitu Top of Mind (puncak pikiran),  Brand Recall (pengingatan kembali merek),  Brand Recognition (pengenalan merek) dan  Unaware Brand (tidak menyadari terhadap merek).

Dari pemaparan latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk mengukur Brand Awareness didasarkan pada tingkatan Top of Mind, Brand   Recall, Brand Recognition, dan Unaware Brand   produk jasa  pengiriman barang pada PT. POS INDONESIA Surakarta melalui suatu penelitian yang berjudul:  ”ANALISIS  BRAND AWARENESS PADA  JASA PENGIRIMAN BARANG  PT. POS INDONESIA (PERSERO) SURAKARTA”

 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang dapat diambil adalah  sebagai berikut: “Bagaimana  brand awareness pada masyarakat terhadap jasa pengiriman barang Kantor Pos Solo diukur  berdasarkan  Top of Mind, Brand Recall, Brand Recognition, dan Brand Unaware?”

Tujuan Penelitian 

Tujuan diadakannya penelitian ini ingin mengetahui Pengukuran Brand awareness dengan Top of Mind, Brand Recall, Brand Recognition, dan Brand Unaware.

Kesimpulan

Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan sebelumnya tentang tingkatan  brand awareness jasa pengiriman barang Kantor Pos, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

a. Kesimpulan analisis karakteristik responden dalam penelitian ini mayoritas berjenis kelamin perempuan yaitu sebesar 59% responden, berusia >22 tahun 48% responden, bertempat tinggal di kecamatan Banjarsari 29% responden, dan berprofesi sebagai pelajar/ mahasiswa 49% responden.

Kesimpulan hasil analisis brand awareness sebagai berikut:

1)  Perusahaan jasa pengiriman barang TIKI menempati posisi top of mind yaitu sebesar 67%.

2)  Jasa pengiriman barang Kantor Pos menempati posisi  brand recall yaitu sebesar 36%.

3)  Pada analisis  brand recognition  didapatkan bahwa sebanyak 21% responden yang perlu diingatkan akan keberadaan jasa pengiriman barang Kantor Pos

4)  Pada analisis  unaware of brand terdapat  2% responden yang tidak tahu jasa pengiriman barang Kantor Pos.  Kebanyakan responden paling banyak mengetahui jasa pengiriman barang Kantor Pos dari teman mereka yaitu sebesar 31% responden.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *