Analisis Bauran Promosi Pada LPK Pratama Mulia Surakarta

Skripsi Ekonomi ~ Analisis Bauran Promosi Pada LPK Pratama Mulia Surakarta

pemasaran Analisis Bauran Promosi Pada LPK Pratama Mulia Surakarta Analisis Bauran Promosi Pada LPK Pratama Mulia Surakarta pemasaran1

Latar Belakang Skripsi 

Dahulu pada waktu perekonomian masih bersifat kerajinan rumah tangga, seseorang mudah sekali untuk mengetahui tentang barang-barang yang sedang dibuat oleh tetangganya, baik barang itu jelek atau baik. Tapi dalam perekonomian modern seperti sekarang ini keadaanya  sudah berbeda. Dalam ini perusahaan harus memberitahukan dan mendorong masyarakat untuk produknya, apakah melalui media massa atau dengan cara lain.  Agar promosi dapat berjalan secara efektif dan efisien,  perusahan harus bentuk bauran promosi secara tepat dan efektif.

Dalam era modern ini kebutuhan akan komputer semakin banyak diminati. Masyarakat mulai mengerti betapa pentingnya komputer dalam pekerjaan. Oleh karena itu kemampuan mengoperasikan komputer kebutuhan yang banyak diminati. Berdasarkan kondisi tersebut, banyak didtesisirikan lembaga pendidikan komputer. Semakin banyaknya lembaga komputer mengakibatkan persaingan di bisnis ini menjadi ketat. Perlu usaha dari perusahaan dalam menghadapi persaingan ini. Kegiatan promosi sangat membantu memasarkan produk untuk meningkatkan volume perusahaan.

Perumusan Masalah 

Dari latar belakang tersebut, masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :

  1. Bagaimana strategi bauran promosi yang dilakukan oleh LPK PRATAMA MULIA ?
  2. Bagaimana alokasi biaya promosi yang ditetapkan  oleh LPK PRATAMA MULIA ?
  3. Sejauh mana  hubungan antara biaya promosi dengan hasil penjualan  atas jasa pendidikan komputer pada LPK PRATAMA MULIA ?

Tujuan Penelitian 

Secara Umum Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui samapi sejauh mana pengaruh strategi promosi yang telah digunakan oleh LPK Pratama Mulia.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian serta analisis dari kegiatan promosi yang dilakukan  oleh LPK Pratama Mulia dalam hubungannya dengan usaha meningkatkan hasil penjualan dari tahun 1998-2000 maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut  :

  1. Dalam usahanya untuk meningkatkan hasil penjualan serta menghadapi persaingan antar lembaga pendidikan, LPK Pratama Mulia melakukan dua jenis kegiatan promosi yaitu promosi penjualan dan  periklanan. Promosi penjualan dilakukan dengan cara memberikan bea siswa kepada para siswa yang berprestasi di bidangnya masing-masing. Kegiatan periklanan dilakukan melalui berbagai media yaitu kalender, stofmap STTB, brosur, pamflet, spanduk, koran dan radio. Serangkaian kegiatan promosi tersebut dilakukan menjelang dan pada saat tahun ajaran baru.
  2. Alokasi biaya promosi penjualan ditetapkan sama dari tahun ke tahun yaitu sebesar Rp. 2.000.000 sedangkan untuk kegiatan periklanan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Alokasi biaya untuk  media stofmap menyerap biaya promosi yang paling besar selama tahun 1998-2002.
  3. Hasil penjualan jasa pendidikan komputer LPK Pratama Mulia selalu meningkat dari tahun 1998 – tahun 2001. Namun di tahun 2002 mengalami penurunan sebesar Rp. 155.450.000 dari tahun tahun 2001. Sedangkan volume penjualan tertinggi di capai di tahun 2001 sebesRp.664.900.000
  4. Hasil perhitungan statistik untuk mengetahui ada tidaknya hubunga antara dua variabel menggunakan metode korelasi  Pearson Produk moment menunjukan bahwa ada hubungan positif antara biaya promo dengan hasil penjualan dengan besar koefisien korelasi  ( r ) = + 0.7 Hubungan tersebut berarti setiap perubahan pada  biaya promosi mengakibatkan perubahan yang searah pada hasil penjualan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *