Analisis Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan

Contoh Skripsi ~ Analisis Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko KPRI  “IKHLAS” KANDEPAG Kota Surakarta

pemasaran Analisis Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Analisis Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan pemasaran

Latar Belakang Skripsi 

Kegiatan promosi terdapat proses komunikasi yang menyadarkan calon konsumen  akan adanya produk perusahaan.  Promotional mix merupakan kombinasi dari variabel-variabel  promosi, yaitu periklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan dan publisitas yang dirancang untuk mencapai tujuan program penjualan (J. Stanton dalam Swastha,1996:238).

Kegiatan promosi hasilnya tidtesisak dapat diperoleh secara langsung atau dengan kata lain efeknya tidak langsung kelihatan, tetapi dibutuhkan waktu sebelum terjadi penjualan. Besarnya biaya yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk promosi relatif besar, maka diharapkan usaha ini dapat meningkatkaan jumlah pembeli yang pada akhirnya  meningkatkan volume penjualan. Oleh  karena itu merupakan suatu proses yang  terus menerus untuk  tercapainya  tujuan perusahaan.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka pokok permasalahan yang dihadapi adalah:

  1. Bagaimana bauran promosi yang dilakukan oleh Toko KPRI “IKHLAS” ?
  2. Bagaimana hubungan promosi dalam meningkatkan Volume penjualan ?

Tujuan Penelitian 

Promosi mencakup sejumlah variabel utama. Variabel ini yang dikenal bauran promosi meliputi : periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan personal selling dan alat promosi yang lain dan kesemuanya direncanakan untuk mencapai program penjualan.

Penelitian ini dilakukan pada toko KPRI “IKHLAS” yang terletak pada KANDEPAG Kota Surakarta. Tujuan yang hendak dicapai dari penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan toko KPRI “IKHLAS” dan mengetahui hubungan antara bauran promosi yang dilakukan dengan volume penjualan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan studi pustaka, observasi dan wawancara pada pihak yang terkait. Data hasil dari penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.

Kesimpulan 

Dari hasil pembahasan yang diuraikan dapat diambil beberapa kesimpulan, yaitu :

1.Dalam memasarkan produknya toko KPRI “IKHLAS” hanya menggunakan satu bauran promosi untuk menunjang kegiatan pemasaran yang dilakukan. Yaitu bauran promosi tersebut adalah promosi penjualan dan alat yang digunakan dalam melaksanakan promosi penjualan adalah pemberian kupon, potongan harga dan hadiah.

2.Dari analisis melalui perbandingan diperoleh suatu hubungan antara biaya promosi dengan volume penjualan dengan rincian, besarnya kenaikan biaya promosi dari tahun 2002 ke tahun 2003 sebesar 2,19%, dan untuk tahun 2003 ke tahun 2004 sebesar 1,19%. Sedangkan volume penjualan tahun 2002 ke tahun 2003 sebesar 10,72% dan volume penjualan tahun 2003 ketahun 2004 sebesar 15,66%. Dilihat dari angka-angka ini pelaksanaan kegiatan promosi toko KPRI “IKHLAS” sudah bisa berjalan dengan baik.

 

 

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *