Analisis Bauran Pemasaran Pada Perusahaan Jasa Asuransi

Skripsi Ekonomi ~ Laporan Tugas Akhir Analisis Bauran Pemasaran Pada Perusahaan Jasa Asuransi AJB Bumiputera 1912 Cabang Solo Gladag

asuransi-kesehatan Analisis Bauran Pemasaran Pada Perusahaan Jasa Asuransi Analisis Bauran Pemasaran Pada Perusahaan Jasa Asuransi asuransi kesehatan

Latar Belakang Skripsi 

Salah satu strategi perusahaan menghadapi persaingan adalah melakukan kegiatan promosi. Menurut Lupiyoadi (2001:108) promosi adalah salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk jasa.  Kegiatan pemasaran sangat menentukan sampai atau tidtesisaknya produk yang dihasilkan perusahaan kepada konsumen sehingga kegiatan pemasaran sangat penting dan para pelaku bisnis harus bisa menetapkan pemasaran yang tepat yang bisa digunakan untuk memenuhi keinginan konsumen.

Ada jaman dahulu ketika perekonomian masih bersifat kerajinan rumah tangga, seseorang bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang produk yang dihasilkan oleh tetangganya. Tetapi sekarang jaman sudah berubah, begitu banyaknya produk yang dihasilkan oleh pelaku bisnis untuk memenuhi kebutuhan konsumen membuat konsumen sulit untuk mencerna banyaknya informasi tentang produk yang dihasilkan oleh pelaku bisnis sehingga pelaku bisnis harus bisa menginformasikan produk mereka kepada konsumen dengan baik.

Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian diatas, maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut. Bagaimana strategi pemasaran  (Marketing Mix)  yang terdiri dari  Produk  (Product),  Harga  (Price),  Promosi  (Promotion),  Distribusi (Place) yang dilakukan oleh Perusahaan AJB Bumiputera?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan AJB BUMIPUTERA yang terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 12 Surakarta. Metode pengumpulan data dengan wawancara langsung, observasi, dari literatur dari perusahaan guna menunjang kebutuhan data. Data yang digunakan yaitu data primer yaitu data yang diperoleh melalui kuisioner, dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari perusahaan yang digunakan sebagai landasan teori untuk keperluan data .

Kesimpulan

Berdasarkan analisis data dan pembahasan tehadap  marketing mix yang telah dilakukan sebelumnya, maka hasilnya dapat disimpulkan sebagai berikut :

a. Data karakteristik responden pada bab pembahasan dapat disimpulkan bahwa mayoritas berumur lebih dari 30 tahun yaitu 53 responden 53%) sedangkan yang berumur antara 17-30 tahun sebanyak 47 responden (47%). Dan dapat diketahui bahwa responden paling banyak bertempat tinggal di kecamatan Pasar Kliwon yaitu 25 responden atau 25%, diikuti Kecamatan Laweyan sebesar 24 responden atau 24%, kemudian Kecamatan Jebres sebesar 21 responden atau 21%, Kecamatan Serengan sebesar 17 responden atau 17% yang terakhir Kecamatan Banjarsari sebesar 13 responden atau 13%.  Dapat diketahui bahwa responden terbanyak yaitu yang berprofesi sebagai pegawai swasta yaitu sebesar 47 responden atau 47%. Hal tersebut dikarenakan para peagwai swasta lebih membutuhkan dana pinjaman untuk mengembangkan usahanya.

b. Perhitungan analisis dari  marketing mix yang menunjukkan bahwa Promotion   atau Promosi merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap volume penjualan karena memiliki rata-rata presentase responden yang setuju terbanyak yaitu sebesar  79,67%. Sedangkan untuk variabel   Price  atau harga memiliki peringkat kedua setelah promotion/promosi dengan presentase setuju sebesar 76%. Kemudian variabel Product/produk dengan presentase setuju sebesar 75,67%. Dan diposisi terakhir terdapat variabel Place/tempat dengan presentase setuju sebesar 63,33%.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *